Selasa, 19 Agustus 2008

UKP dan Global Warming (TMMB project)

Global Warming merupakan salah satu isu yang paling sering diperbincangkan pada saat ini. Di koran, majalah, televisi, radio, bahkan berbagai aksi simpatik di jalan beramai-ramai mengulas dan mengkampanyekan pelestarian lingkungan untuk mencegah terjadinya glabal warming.
Beberapa waktu yang lalu, saya mendaftar untuk menjadi fotografer sebuah buletin yang bernama Motion (Media of Communication). Buletin ini merupakan buletin yang diterbitkan oleh jurusan ilmu komunikasi Universitas Kristen Petra (UKP). Dalam proses penyeleksian, peserta yang melamar sebagai fotogfafer disuruh untuk mencari foto-foto yang berhubungan dengan global warming di sekitar kampus UKP. What a complicated job!! Karena menurut sepengetahuan saya, lingkungan UKP sangat bersih. Jarang sekali ditemui sampah-sampah yang berserakan. Di setiap sisi kampus, banyak ditemui tempat-tempat sampah, dan petugas-petugas kebersihan.

Selama 2 hari berburu foto, saya menjadi lebih mengenal lingkungan UKP. Ternyata, banyak mahasiswa-mahasiswa disini yang masih membuang sampah sembarangan, acuh tak acuh pada sampah yang berserakan, dan banyak menggunakan kertas secara berlebihan (membuang kertas yang belum penuh pemakaiannya). Kenapa lingkungan UKP bisa nampak bersih?? Ternyata, para petugas kebersihan UKP yang banyak memberikan kontribusi. Setiap jam, saya melihat mereka berkeliling kampus untuk mengambil sampah-sampah yang berserakan dan ada di tempat sampah agar tempat sampah tersebut tidak penuh dan dapat digunakan. Dan disekitar KJ (Kolam Jodoh), selalu saja ada petugas yang selalu sigap untuk menyapu sampah-sampah yang berserakan. Good job Pak! ^^. Tapi gara-gara anda, saya jadi sering kehilangan momen untuk mengabadikan sampah-sampah di sekitar KJ UKP. Huks.. huks.. huks...
hihihi


















Berikut ini adalah zona global warming yang saya temukan di sekitar UKP:
1. Ruang UKM sebelah kopma gedung C. Disini, banyak ditemukan bungkus-bungkus makanan, alat elektronik yang tidak terpakai, gabus-gabus, dll.
2. Lorong di sebelah gedung C. Di situ banyak dijumpai furniture-furniture yang tidak dipakai. Alangkah baiknya kalau UKP menerapkan reduce, reuse, recycle pada barang-barang tersebut...


3. WC wanita. Sebenarnya setiap pagi, WC selalu berada dalam keadaan bersih. Tetapi di tengah hari, mulai banyak ditemukan tissue-tissue yang tidak dibuang pada tempatnya. Padahal di setiap WC, sudah disediakan tempat sampah.



4. Ruang Kelas. Banyak dijumpai bungkus permen yang diselipkan di meja, dan botol-botol yang degeletakkan setelah kelas berlangsung.


Menurut pendapat saya, sebaiknya UKP melakukan:
1. Reduce: menerapkan smart shopping saat membeli barang-barang keperluan dan merawatnya dengan baik.
2. Reuse: begitu sudah tidak terpakai, berikan ke orang lain yang masih membutuhkan.
3. Recycle: daur ulang barang-barang yang rusak (misalnya: mendirikan UKM kerajinan dari barang bekas,dll).

Semoga foto-foto diatas menyadarkan kita untuk semakin peduli pada lingkungan UKP. Save the environment. Lets fight global warming TOGETHER!!

Tidak ada komentar: